Sabtu, 07 Mei 2016

Tips Agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman

Setiap orang tentunya punya area kerjanya sendiri-sendiri. Area kerja terpenting anda adalah meja kerja. Ini wajar karena hampir semua aktivitas pekerjaan anda dilakukan di meja kerja tersebut. Jika ingin meningkatkan produktivitas kerja anda, maka salah satu upaya yang dapat anda lakukan adalah membuat meja kerja anda menjadi tempat yang rapi, bersih, dan nyaman. Selain itu ide-ide brilian anda akan muncul dan segala masalah akan lebih mudah diselesaikan dengan tepat.

Meja kerja yang tertata rapi dan selalu bersih cermin kepribadian anda yang teratur dan termanajemen. Jika anda seorang karyawan, pasti bos anda akan senang melihatnya. Bukankah demikian?



Tips Agar Meja Selalu Rapi dan Bersih
Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar meja anda selalu dalam keadaan rapi dan bersih antara lain:
Sediakan 10 sampai 15 menit setiap hari untuk merapikan meja di akhir pekerjaan
Sebelum anda pulang, rapikan kembali meja anda. Bersihkan dari sampah-sampah kecil atau debu. Anda hanya perlu 10 sampai 15 menit melakukan ini sebelum anda pulang. Dijamin besok ketika anda masuk kerja kembali, suasana meja yang tertata baik akan menyambut anda.
Gunakan kontainer kecil untuk tempat alat tulis anda
Jangan biarkan alat-alat tulis atau benda-benda kecil lainnya berserakan atau diletakkan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Benda-benda seperti tip eks, penghapus, hingga paper clip adalah benda yang ukurannya relatif kecil sehingga mudah sekali terselip di antara benda-benda lainnya di meja kerja anda. Jadi, sediakan kontainer kecil yang unik untuk meletakkannya. Sebaiknya kontainer ini memiliki beberapa bagian agar anda mudah mengelompokkan benda-benda tersebut. Dan, suatu ketika anda memerlukannya anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kalau perlu, buat sendiri kontainer tersebut dari bahan-bahan tak terpakai di sekitar anda. Selain ada rasa kebanggaan, tentunya juga anda membantu lingkungan tetap green.
Gunakan rak kecil
Kertas-kertas kerja seringkali dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis, tentunya bergantung pada pekerjaan anda. Agar mudah mencari, menemukan, atau mengerjakannya, maka kertas-kertas atau dokumen-dokumen ini diatur di dalam rak-rak kecil. Jangan biarkan semuanya bertumpuk-tumpuk sehingga sulit dibedakan satu sama lain.
Singkirkan ke rak lain untuk pekerjaan anda yang belum urgen
Meja kerja yang penuh dengan beragam barang dan dokumen akan sangat menyulitkan ruang gerak anda. Alih-alih produktif, melihatnya saja mungkin anda sudah pusing duluan. Jadi, apabila ada barang-barang atau kertas-kertas kerja tertentu yang mungkin anda belum terlalu membutuhkannya saat itu, atau barangkali kertas-kertas itu urgensi pengerjaannya masih ada di urutan belakang, maka singkirkanlah ke tempat lain. Taruhlah barang-barang atau kertas kerja itu pada rak lain, tapi bukan pada meja kerja anda.
Buang sampah pada tempatnya
Buanglah sampah pada tempatnya. Kadang-kadang saat bekerja anda mungkin harus menajamkan pensil, menggunting kertas, ngemil keripik, kacang atau permen. Kegiatan-kegiatan seperti ini seringkali menghasilkan sampah-sampah berukuran kecil. Walaupun kecil ukurannya sampah-sampah macam ini dapat mengganggu kerapian dan kebersihan meja anda.
Kembalikan barang ke tempat seharusnya
Dalam keadaan terburu-buru anda mungkin suka lupa. Saat membutuhkan staples dengan cepat anda dapat mengambilnya dalam kontainer khusus di meja kerja anda. Akan tetapi, setelah itu anda lupa meletakkannya kembali ke dalam kontainer tersebut. Ini kebiasaan jelek. Meletakkan kembali barang yang anda ambil ke tempatnya semula tidak akan banyak membuang waktu anda yang sedang tergesa-gesa. Paling-paling selisih satu menit. Jadi biasakan disiplin untuk selalu mengembalikan barang ke tempat seharusnya.
Klasifikasikan berdasarkan jenis dan urgensi pekerjaan
Meja kerja penting fungsinya ketika anda meletakkan semua yang ada di atasnya berdasarkan tingkat kebutuhan dan urgensi. Barang-barang yang sering dipakai tentunya harus le

Tidak ada komentar:

Posting Komentar