Minggu, 24 April 2016

teknik pecah warna


Belajar Cara Pisah Warna atau Pecah Gambar untuk Sablon Separasi CMYK

thumbnail 1 summary

Bila sebelumnya Sablon Info mengupas tentang Belajar Cara Pisah Warna atau Pecah Gambar Vektor dengan Coreldraw pada kesempatan kali ini berlanjut pada tahap berikutnya yaitu Belajar Cara Pisah Warna atau Pecah Gambar untuk Sablon Separasi CMYK. Pada kesempatan kali ini Sablon Info mengambil sumber dari http://belajar-clothing.blogspot.com yang mengupas cukup lengkap menggunakan program adobe photoshop.

Contoh gambar separasi
Sablon CMYK process color atau yang umum disebut sablon separasi merupakan proses mencetak gambar menggunakan 4 proses warna, Cyan, Magenta, Yellow, dan Black /"K" disebut key color. Film output untuk teknik sablon separasi berupa halftone ata dot-dot kecil yang ketika keempat warna ini dicetak akan menghasilkan cetakan gradasi seperti foto full warna. Proses pembuatan film output sendiri diolah menggunakan software grafis yaitu adobe photoshop.

Yang perlu diperhatikan ketika akan mencetak menggunakan teknik sablon separasi yaitu resolusi gambar yang akan diolah, kesesuaian mesh/kerapatan screen, tension screen dengan setting halftone pada saat print film. Untuk media kaos/kain frekuensi lpi (line per inch) biasanya menggunakan 35 sampai dengan 55 lpi.  Nah, sudah mulai paham kan apa itu sablon separasi? Yuk kita mulai belajar clothing tentang sablon separasi, yuuuk....

Nih, langkah-langkah sablon separasi, jangan sampe kelewatan loh :

Belajar Cara Pisah Warna atau Pecah Gambar untuk Sablon Separasi CMYK dengan Adobe Photoshop.

Langkah 1 : Pilih terlebih dahulu image yang akan diolah, sesuaikan image minimal dengan resolusi 300dpi (dot per inch), Caranya Image > Image size > Resolution 300 dpi
teknik-sablon-separasi-belajar-clothing
Langkah 2 : Ganti mode gambar dengan mode CMYK, caranya Image > Mode > CMYK color
mode-cmyk-teknik-sablon-separasi-belajar-clothing
Langkah 3 : Lalu kita ke channel kanan samping dan kita pilih channel CYAN terlebih dahulu. Lalu tekan ctrl-A > ctrl-C > ctrt-N > OK > ctrl V
copas-layer-teknik-sablon-separasi-belajar-clothing
paste-layer-teknik-sablon-separasi-belajar-clothing
Langkah 4 : Kembali ke layer hasil copas channel Cyan, lalu ubah mode image menjadi bitmap, caranya Image > Mode > Bitmap, apabila ada peringatan flatten layers < OK aja ya
ganti-mode-bitmap-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 5 : Setelah flatten layers, lalu muncul kolom Bitmap. Input dan output harus sama yaitu 300 pixel dan metode use ganti dengan Halftone Screen.
input-output-harus-sama-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 6 : Pada kolom Halftone Screen frequency kita ganti, apabila sobat #ClothingAddicts menggunakan tinta rubber, extender, atau superwhite frequency pilihan antara 35 s/d 45, disini aa' menggunakan frequency 40 lpi dengan Angle untuk channel Cyan : 108.4 , Magenta 161.6, Yellow 90, Black 45, dan Shape kita pilih yang Round
frequency-angle-shape-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
 Tampilan image setelah di ganti mode bitmap/raster
hasil-ganti-mode-bitmap-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 7 : Setelah image kita raster pada step 6 lalu copas ke layer CMYK channel cyan tadi, caranya ctrl-A > ctrl-C > ctrl-V pada channel Cyan. Image lalu diinverse (ctrl-I). Lakukan 7 langkah tadi pada masing-masing channel image.
copas-layer-bitmap-ke-channel-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 8 : Lakukan split channel, caranya paling kanan kolom channel ada tombol panah kebawah, kita klik dan pilih split channel, dengan otomatis 4 channel CMYK akan terbagi, lalu save-as dengan format .bmp.
split-empat-channel-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
save-as-format-bmp-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 9 : Lakukan import pada Corel Draw, dimana untuk masing-masing halaman/pages sudah kita beri tanda register yang nantinya memudahkan dalam mencetak.
import-format-bmp-corel-draw-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 10 : File output untuk film sablon siap di print dan siap untuk di afdruk
Demikian ulasan tentang Belajar Cara Pisah Warna atau Pecah Gambar untuk Sablon Separasi CMYK, semoga dapat memberi wawasan bagi pembaca di manapun berada, Terima kasih. 
Sumber:  http://belajar-clothing.blogspot.com/2014/02/10-langkah-teknik-sablon-separasi.html


18 komentar

  1. wah info yang sangat bermanfaat ga..

    Bagi agan yang berminat untuk belajar desain grafis silahkan dilihat di ditus berikut ini Kursus Desain Grafis
    Balas
    Balasan
    1. Terima kasih mas Nyoman Somiarta
  2. saya mau tanya untuk kaos warna hitam apakah harus di blok putih trrlebih dahulu?
    Balas
    Balasan
    1. Jika yang dimaksud adalah blog penuh sebagai dasaran tinta raster di atasnya saya kira tidak perlu mas. Dengan teknik pisah warna separasi yang baik dapat juga memanfaatkan warna kaos untuk menyempurnakan gambar nantinya. Adapun itu juga tergantung bagaimana teknik mengolah desainnya saat pisah warna :)
  3. THANKS TMN MUDH2N Bermanfaat bagi design2 pemula lainya Thanks
    Balas
  4. terimakasih..ilmunya bermanfaat sekali. semoga bisa bermanfaat utk semua
    Balas
  5. Waah Trims infonya ya brooo..
    Balas
  6. Gan misal kita udah pecah warna seperti di atas jadi brp total warna yang kita pakai? Untuk menyablonya.
    Balas
  7. CMYK berarti menggunakan 4 warna mas... cyan, magenta, yellow-kuning, dan black-hitam
    Balas
  8. Terima kasih Mas atas Informasinya .Sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya.
    Balas
  9. Artikel nya sangat bermanfaat. Terima kasih, gan (y)
    Balas
  10. Tutorial dan tips yang sangat detail, dan mudah di implementasikan oleh orang awam,.. Sukses Selalu..
    Balas
  11. Bermanfaat sekali,. terimakasih amalnya ,.
    Balas
  12. juragan numpang tanya ni..say coba afdruk sparasi gagal trus gan sdh 4 kali,,trus sya bawa ke tukang sablon minta tolong di afdukan,,ternyata bapknya juga bilang, bakalan tdk bisa di afdruk karena titik2 nya kecil2 gan, trimakasih pencerahanya gan,sukses selalu
    Balas
  13. Memang untuk sablon separasi mempunyai tingkat kesulitan yang lebih daripada sablon desain vector mas,
    Ada beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pengafdrukan desain separasi, seperti jenis screen (biasa jenis T77 ke atas), LPI, tingkat kepekatan film dan sebagainya. Sebagai referensi bisa dibaca di halaman berikut:
    http://www.sablon.info/2015/01/tentang-lpi-halftone-dan-obat-afdruk.html

    Balas
  14. ok masta makasih jawabanya sangat membantu smga webnya makin ramai...mau tanya lagi, hasil olah gambar dengan Photoshop, warna nya berati CMYK saja ya gan,kalu di banding dengan separation studio. kalu olah gambar lewat sparation studio berati psta sablon bisa sama CMYK bahkan bisa lebih atau kurang.menurut agan kalu mau sablon raster yang efektif paki CMYK atau hasil olah gambar lewat separation studio ,trimakasih jawabanya..
    Balas
  15. Kl menurut saya tergantung dari olah gambarnya di Photoshop mas, menggunakan teknik CMYK atau raster biasa. Kalau bagu mana antara CMYK dan raster biasa semua bagus tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.
    Kelebihan sablon dengan CMYK walaupun terdapat banyak warna dapat dipenuhi dengan 4 proses warna, Cyan, Magenta, Yellow, dan Black /"K".

    Untuk Separation studio saya kurang menguasai mas, tapi mungkin akan kami coba di lain kesempatan...
    Balas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar