Minggu, 24 April 2016

cara membuat warna


Anda bisa menciptakan spektrum beragam nuansa warna cokelat yang tidak ada habisnya hanya dengan mencampur warna-warna primer yaitu merah, biru, dan kuning. Apabila Anda menggunakan cat, cara terbaik adalah menggunakan pisau palet daripada kuas. Untuk membuat warna cokelat, Anda harus menggunakan dua warna primer untuk menciptakan warna sekunder dan mencampurkannya dengan warna primer komplementer. Maksudnya seperti apa? Baca terus untuk mengetahuinya.
Iklan

Metode 1 dari 6: Memahami Cara Warna Bercampur

  1. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 1
    1
    Kenali warna-warna primer. Warna-warna primer adalah merah, biru, dan kuning.
    Iklan
  2. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 2
    2
    Kenali warna sekunder. Warna sekunder dihasilkan dari campuran dua warna primer. Warna yang dihasilkan ketika mencampur dua warna primer terlihat di antara warna-warna primer dalam lingkaran warna. Dengan demikian, merah dan biru menghasilkan ungu, kuning dan merah menghasilkan oranye, dan kuning dan biru menghasilkan hijau.
  3. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 3
    3
    Kenali warna komplementer. Warna komplementer adalah warna yang saling berseberangan di dalam lingkaran warna. Hal ini berarti warna-warna tersebut merupakan warna berseberangan dalam model warna, dan bisa dicampurkan untuk menghasilkan warna netral yaitu putih, abu-abu, atau hitam dengan perbandingan yang tepat.
  4. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 4
    4
    Ciptakan warna cokelat dengan mencampur warna sekunder dengan warna primer komplementernya. Untuk menciptakan warna cokelat, Anda hanya harus mencampurkan warna-warna komplementer berikut ini:
  5. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 5
    5
    Campur warna oranye (dari warna kuning dan merah) dengan warna komplementernya, yaitu biru (Cara satu, langkah 1-3)
  6. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 6
    6
    Campur warna hijau (dari warna kuning dan biru) dengan warna komplementernya, yaitu merah (Cara dua, langkah 1-3)
  7. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 7
    7
    Campur warna ungu (dari warna merah dan biru) dengan warna komplementernya, yaitu kuning (Cara tiga, langkah 1-3)
    Iklan

Metode 2 dari 6: Membuat Warna Cokelat dari Warna Oranye dan Biru

  1. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 8
    1
    Campur warna kuning dan merah untuk menghasilkan warna oranye. Pertama, mulailah dengan warna merah. Kemudian tambahkan sedikit warna kuning -- hanya sekitar 10 persen dari warna merah. Campur warna kuning hingga tercipta warna oranye tua. Hasilnya akan lebih dekat ke warna merah dibandingkan warna kuning.
  2. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 9
    2
    Campur warna biru dengan oranye. Tambahkan sedikit saja cat biru ke dalam campuran warna oranye -- sebanyak 5-10 persen dari total warna sebagai permulaan. Aduk hingga warnanya mulai berubah menjadi cokelat tua. Apabila masih terlihat terlalu oranye, campurkan lebih banyak lagi warna biru.
  3. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 10
    3
    Sesuaikan warnanya. Apabila Anda ingin membuat warnanya sedikit gelap, tambahkan lagi sedikit warna biru. Apabila terlalu gelap, tambahkan warna oranye. Apabila mencampur cat, gunakan saja sedikit cat oranye. Apabila sedang melukis, buatlah warna oranye di atas cat menggunakan warna merah dan kuning lagi.
    Iklan

Metode 3 dari 6: Membuat Warna Cokelat dari Warna Hijau dan Merah

  1. 1
    • Campur warna kuning dan biru untuk membuat warna hijau. Gunakan warna kuning dan biru dalam jumlah yang sama untuk membuat warna hijau. Bila menggunakan terlalu banyak warna kuning, warnanya akan terlalu terang. Bila menggunakan terlalu banyak warna biru, warnanya akan menjadi terlalu gelap.
  2. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 11
    2
    Campur warna hijau dengan warna merah. Tambahkan warna merah pada warna hijau secara bertahap hingga tercipta warna cokelat kemerahan. Tambahkan sedikit warna merah sebagai permulaan dan terus mencampur untuk membuat warna menjadi gelap.
  3. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 12
    3
    Sesuaikan warnanya. Tambahkan warna merah untuk menghangatkan warna cokelat dan tambahkan sedikit warna hijau untuk memberi bias lebih hijau pada warna cokelat.
    Iklan

Metode 4 dari 6: Membuat Warna Cokelat dari Warna Ungu dan Kuning

  1. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 13
    1
    Campur warna merah dan biru untuk membuat warna ungu. Campur dengan perbandingan yang sama untuk menghasilkan warna ungu yang tajam. Cara ini akan menghasilkan warna ungu yang lebih gelap.
  2. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 14
    2
    Campur warna ungu dengan kuning. Warna kuning akan membuat warna ungu tua ini menjadi terang hingga berubah menjadi cokelat kekuningan. Tambahkan sedikit saja warna kuning sebagai permulaan dan tambahkan lebih banyak jika ingin menghasilkan warna cokelat yang lebih terang.
  3. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 15
    3
    Sesuaikan warnanya. Untuk terus membuat warna cokelat menjadi terang, tambahkan lagi warna kuning. Untuk membuat warna cokelat menjadi gelap, tambahkan sedikit lagi warna ungu.
    Iklan

Metode 5 dari 6: Membuat Warna Cokelat dengan Cara Lain

  1. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 16
    1
    Campur ketiga warna primer. Karena mencampur dua warna primer dan kemudian menambahkan warna primer ketiga akan menghasilkan warna cokelat, mencampurkan ketiganya juga akan memberi hasil yang sama, tapi proses ini tidak akan efektif karena Anda tidak bisa mengendalikan warna sekunder. Campur ketiga warna primer dengan perbandingan yang berbeda sesuka Anda dan lihat perbandingan mana yang menghasilkan warna cokelat yang diinginkan.
  2. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 17
    2
    Semakin banyak warna kuning yang digunakan, semakin terang warna cokelat yang dihasilkan; semakin banyak warna merah dan biru yang digunakan, semakin gelap warna cokelat yang dihasilkan.
  3. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 18
    3
    Campur beberapa warna cokelat. Mencampur semua warna cokelat yang telah dibuat akan menghasilkan warna cokelat yang lain lagi. Anda bisa menggunakan warna cokelat yang dibuat dari salah satu cara, (misalnya mencampur oranye dan biru). Padu padankan beberapa warna cokelat yang dihasilkan dari beberapa cara, dan lihat warna cokelat yang dihasilkan.
    Iklan

Metode 6 dari 6: Membuat Warna Cokelat Menggunakan Semua Warna Utama

  1. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 19
    1
    Campurkan warna biru tua dan hijau tua dengan perbandingan yang sama.
  2. Gambar berjudul Make Brown from Primary Colors Step 20
    2
    Campurkan warna hitam dengan perbandingan yang sama dengan biru tua.
    • Campurkan warna merah dengan jumlah yang sama dengan hitam.
    • Campurkan warna kuning.
    • Bila memerlukan warna cokelat yang lebih terang, tambahkan sedikit lagi warna kuning.
    Iklan

Tips

  • Anda bisa membuat warna cokelat menggunakan pensil warna atau krayon, tetapi cara yang paling baik adalah menggunakan cat. Bila menggunakan cat, mulai dengan pisau palet, yaitu alat dari logam berbentuk pipih yang dapat mencampur dua warna saat Anda menyapukannya bolak-balik di atas kertas atau kanvas. Menggunakan kuas tidak akan menciptakan hasil terbaik karena menyisakan coretan cat pada warna-warna, dan menjadi rusak ketika Anda mencampurnya dengan warna.
  • Anda harus menggunakan lebih banyak warna kuning walaupun tidak menggunakan cat akrilik, karena hasilnya akan menjadi warna yang hampir hitam.
Iklan

Peringatan

  • Jangan gunakan terlalu banyak warna biru atau merah, karena kemungkinan tidak akan menghasilkan warna cokelat yang diinginkan.

1 komentar:

  1. Makasih artikelnya sangat sangat membantu saya sekali dlm keadaan seperti ini skali lg makasih

    BalasHapus