Sabtu, 30 April 2016

PENGERTIAN “ ROTOGRAVURE “ PRINTING

Rotogravure berasal dari kata roto yang artinya berputar atau putaran dan gravure yang artinya ukiran atau cylinder yang diukir dengan mesin alat yang mengunakan jerum jenis Enggraf atau sisa juga disebut cara kerja atau mengerjakannya Enggrafer dengan mesin cylinder. Dan cara pembutan cylinder film ini cukup rumit dan cara proses bikin cylinder cukup panjang.

PERTAMA : tabung besi cylinder di proses grinding atau di bubut sesuai ukuran disain film yang akan dikerjakandan supaya halus dan rata hasil cylindernya.

KEDUA : cylinder setelah dibubut dan sudah sesuai ukuran disain film nya,terus pelapisan tembaga Supaya lunak dan untuk proses cylinder mudah untuk di proses ukir enggraf pembuatan film ditabung cylindernya karena bahan tembaga tidak terlalu keras.

KETIGA : setelah proses ukir Enggraf selesai terus proses pengerasan cylinder yang di sebut proses hard crome supaya bahan pelapisan tembaga lebih keras dan kuat dan tidak mudah terkikis dengan Doctor blade yang dipasang di atas cylinder untuk mngatur tinta susuai keluarnya tinta cetak yang diinginkan diasain atau raster screne film supaya tinta bisa sesuai hasil gambar cetak dengan contoh warna yang telah di acc oleh customer.Hardcrome cylinder hardness atau kekerasan cylinder 900 dan kekuatan untuk proses produksi+ = 1.000.000 putaran cylinder dan ini hanya untuk jenis raster screne blok dengan

kedalaman Depth cylinder 30 mic, jadi kalau diameter cylinder 400 mm = 1.000.000 x 400 = 400.000 mtr.

Data-datakekuatan cylinder film dengan jenis dan bentuk raster screne cylinder film proses.Untuk kekuatan jenis raster screne blok= 1.000.000 putaranUntuk kekuatan jenis raster Tek./ Logo. / Barcode. = 700.000 putaran Untuk kekuatan jenis raster screne gradasi./sparasi./ penumpukan= 500.000 putaran.MATERIAL UNTUK PROSES MESIN PRINTING ROTOGRAVURE1.CYLINDER FILM :

Ada 2 jenis cylinder film yang digunakan untuk proses cetak rotogravure.untuk bahan cetak plastik filmdan tranfer atau nempel tintanya didalam nama cetakannya cetak dalam dan raster screne cilinder bisa dibaca. untuk bahan cetak paper/ kertasdan tranfer tinta cetak atau nempel tintanya di luar namanya cetakan luar dan raster screne cylinder tidak bisa kebaca huruf dan disain gambarnya ke balik.2.RUBER ROLL PRESS : Ada 2 jenisukuran dan masing - masing ukuran berbeda untuk menggunakannya,ukuran kekerasan 60 digunakan untuk proses cetak bahan kertas bahan ruber agak lentur dan agaklunak supaya pori-pori kertas hasil cetaknya bisa bagus rata dan tidak bintik di hasil gambar cetak. Dan untuk bahan cetak jenis plastik film seperti –

OPP.-CPP –PET – NYLON –LDPE DSB ,

Ukuran ruber roll press kekerasan 70 dan karakter rauber roll pres : keras-rata- halus-licin dan tahan Solven./ toluene supaya ruber roll tidak mudah terkontaminasi dengan solven./toluene.3.DOCTOR BLDE: Fungsi doctor blade ini untuk mengatur proses tebel dan tipisnya tinta yang ditranfer ke bahan cetakan atau tebel-tipisnya tinta yang nempel di hasil gambar cetakan. Untuk setting doctor blade dan untuk menentukan tebel dan tipisnya tinta operator harus tau cara Setting doctor blade ini supaya mudah untuk menyamakan cetakan dengan sample yang di Acc.

Doctor blade posisi maju hasil cetakan tebel dan doctor blade posisi mundur hasil cetakan tipis.DOCTOR BLADE DALAM 1 SET

ADA 3 MACEM :

1.RUMAH DOCTOR BLADE :
Utuk setting posisi doctor blade supaya dalam setting lebih kuat

2.PLAT DOCTOR BLADE : Untuk setting dan pengaturan posisi jarak doctor blade dng plat

3.DOCTOR BLADE : Utuk menentukan tranfer nya tinta ke bahan cetakan yang diinginkan tebal dan tipisnya tinta yang menempel di bahan cetak dan hasil bagus dan tidaknya hasil gambar di cetakanya.

4.TINTA CETAK CAIR : Jenis tinta cetak ada 2 macam dan lain jenislain fungsinya. Untuk cetak bahan kertas / paper atau bahan plastik yang tidak bening,jenis tintanya berbeda dengan plastik film yang bening. Untuk bahan cetak paper atau plastik yang tidak bening di sebut Cetak luar atau cetak diatas bahan cetak.

dan bahan cetak jenis plastik film sperti bahan jenis OPP – CPP – PET – NYLON – LDPE DSB nya disebut cetak dalam atau cetak di bawah bahancetak dan tinta cetak dalam ada 2 jenis. ( NO.1.)

jenis tinta 1 komponen dan solven yang di gunakan untuk pengencer tinta cetak Toluene + Ethil Achetit. Komposisi solven tergantung speed mesinya.

( NO.2.) Jenis tinta 2 komponen dan solven yang digunakan untuk pengencertinta jenis solvennyaToluene. 5+ Methil Ethi Ketone. 3 + Ispropil Alkohol.2. = disebut juga campuran 5 : 3 : 2.5.SOLVEN /REDUCER : Solven yang digunakan untuk cetak printing rotogravure ada 4 macam Jenis yang digunakan untuk pengencer tinta,jenis namasolven.1. TOLUNE./ 2. M E K./ 3. I P A./ E A. Dan jenis tinta yang lain fungsi cetaknya juga lain jenis komposisi campuran solven U/ pengencernya Bahan cetak Paper. -> Jenis tinta cetak. -> Komposisi solven.a. PAPER CETAK LUAR TOL + IPA+ EA.b. OPP./ CPP. CETAK DALAM. TOL + EA.c. PET./OPP./NY C DLM.2 KOMP.TOL + MEK + IPA.6.STOP WATCH /ZUHN

CUP : Alat perlengkapan untuk menimbang tinta dan untuk mengetahui encer dan kentalnya tinta yang di Acc untuk proses jalan produksi supaya hasil gambar cetakan Tidak naik turun warna cetaknya atau belang-belang setelah proses produksi turun di gambarhasil cetak warnanya.waktu star awal jalan,

semua warna yang ada di Mesin harus di cek atau ditimbang sesuai contoh di warna gambar cetakan yang sudah di Acc oleh customer dan kalau sudah jalan produksi, tinta harus sering ditimbang sesuai aturan yang sudah di sepakati oleh Pimpinan atau yang bikin aturan yang sudah diberi tugas dan tanggung jawab oleh pimpinan. Aturan untuk menimbang tinta yang ideal dan sesuai aturan 15 menit s/d 20 menit –sekali.

POMPA SIRKULASI TINTA : Untuk tinta supaya warna nya bisa rata dan tidak belang-belangdihasil gambar cetakan maka harus memerlukan pompa sirkulasi tinta dan mudah untuk menim bang tinta dalam keadan mesin jalan produksi,dan untuk nimbang pakai alat timbang tinta dan ukuran alat timbang RIGOSA

NO.3. Satuan timbang VISCOSITAS.dan kusus untuk ukur tinta.7.LAMPU SENTER KHUSUS : Lampu ini sangat berguna sekali untuk mengontrol cilinder selagi Mesin posisi lagi jalan dan dengan kecepatan speed tinggi diatas speed 130./mnt. Untuk mengecek cylinder kalau ada tinta mampet –cylinder kabut atau cylinder ada garis. Dengan senter ini semua masalah dicylinder bisa kelihatan seperti > kotor-kabut-dan garis 2.8.CORE / KERN : Sebelum jalan produksi di REWINDER harus dipasang dulu core atau kern yang sesuai dengan panjang ukuran bahan cetaknya dan tebel bahan prosesnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar