Minggu, 24 April 2016

Kemasan Flexible / Flexible Packaging


Kemasan Flexible / Flexible

  • Views
    653
  connect to download
READ PAPER
Academia.edu

Kemasan Flexible / Flexible Packaging

 
 DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI KECIL MENENGAH DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN Jakarta, 2007
 
 
KEMASAN FLEXIBLE Ruang Lingkup
Dalam pembahasan kemas flexible, akan mencakup definisi, klasifikasi, bahan yang digunakan, proses dalam bidang kemas flexible dan beberapa contoh popular dalam pengaplikasian kemas flexible.
Definisi :
Kemas fleksibel adalah suatu bentuk kemasan yang bersifat fleksibel yang dibentuk dari aluminium foil, film plastik, selopan, film plastik berlapis logam aluminium (metalized film) dan kertas dibuat satu lapis atau lebih dengan atau tanpa bahan thermoplastic maupun bahan perekat lainnya sebagai pengikat ataupun pelapis konstruksi kemasan dapat berbentuk lembaran, kantong, sachet maupun bentuk lainnya. Pemasaran kemasan ini akhir-akhir ini menjadi popular untuk mengemas berbagai produk baik padat maupun cair. Dipakai sebagai pengganti kemasan rigid maupun kemas kaleng atas pertimbangan ekonomis kemudahan dalam handling.
Bahan baku yang digunakan :
Biasanya bahan yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kemas flexible adalah antara lain film plastic, selopan, aluminium foil dan kertas. Untuk memenuhi fungsinya dengan baik film plastik dan aluminium foil dan kertas dalam berbagai kombinasi dibentuk sebagai multi layer dan diextrusion dengan resin plastik, polyethilen, polypropylene, eva, dan lain sebagainya, sehingga menjadi satu kesatuan ataupun dilaminasi dengan adhesive tertentu. Kombinasi dari berbagai material tersebut, akan memberikan kemasan yang lebih sempurna dari prosuk tersebut. Dapat disimpulkan bahwa bahan yang digunakan adalah sebagai berikut : Bahan Utama : film plastik, selopan, aluminium foil, metalized film, kertas dan sebagainya. Bahan Pengikat : perekat/adhesive dan extrusion dari bahan Thermoplastic Bahan Penolong : antara lain tinta dan solven
Bahan utama : Kertas
Bahan baku kertas cukup banyak digunakan dalam kemasan fleksibel, merupakan salah satu material essensial. Untuk masa mendatang,
 
demi untuk orientasi akrab lingkungan, maka pemakaian kertas dibidang kemas fleksibel akan meningkat. Ada berbagai macam jenis kertas yang dikenail, dengan sifat tertentu dan dengan aplikasi tertentu. Kertas dibagi dua dalam klasifikasi yang luas, ialah cultural papers atau fine paper dan industrial paper atau coarse papers. Cultural paper : antara lain printing paper, litho paper, artpaper dan lain-lain. Industrial paper : antara lain kraft paper, manila paper, glassine paper, grease-proof paper dan lain-lain. Untuk keperluan kemas fleksible, selain menggunakan kertas industri seperti kraft paper dan glassine paper juga digunakan cultural paper, seperti litho paper dan art paper. Kraft paper, karena sifatnya yang kuat, banyak digunakan dibidang kemas fleksible, terutama sebagai shopping bag. Kertas kraft digunakan juga pada pembuat multi wall shipping bag, kertas yang banyak juga digunakan untuk kemas fleksibel adalah glassine dan grease proof paper. Penampilan dan sifat yang khusus dari kertas ini, bukan karena penambahan aditif, tetapi karena sifat dari pulp yang dipakai.
Aluminium Foil
Aluminium foil menempati posisi yang penting dalam produk kemas fleksibel karena memiliki barriers yang memuaskan dan penampilan yang baik. Foil yang biasa digunakan dengan ketebalan antara 6 mikron sampai dengan 150 mikron baik soft temper maupun hard temper. Soft maupun hard temper, tergantung dari komposisi dari alloy dan treatment terhadap foil tersebut. Umumnya untuk kepentingan kemas fleksibel foil yang digunakan tebalnya kurang dari 25 mikron. Namun demikian untuk keperluan tertentu dengan contoh yang lebih tebal aluminium foil yang soft temper akan mudah membentuk dead-fold, dan tidak mudah kembali, dan bisa dibentuk menurut keinginan. Foil adalah tak berbau, tak ada rasa, tak berbahaya dan hygienis, tak mudah membuat pertumbuhan bakteri dan jamur. Karena harganya yang cukup mahal, maka aplikasi dari aluminium foil sekarang ini banyak disaingi oleh metalized aluminium film. Coating yang sangat tipis dari aluminium, yang dilaksanakan di ruang vacuum, hasilnya adalah suatu produk yang ekonomis dan kadang-kadang fungsinya dapat menyaingi aluminium foil, dalam aplikasi kemas fleksibel dan
 
memiliki proteksi yang cukup baik terhadap cahaya, moisture dan oksigen.
Film
Pada umumnya dimaksud antara lain aplikasi kemas fleksibel adalah film plastik, tetapi selopan film walaupun tidak berbuat dari plastik dikelompokkan dalam film plastik. Foil didefinisikan sebagai bahan yang dibuat dari cellophane dan berbagai macam thermoplastic resin. Film dapat dibuat dari berbagai macam cara dan proses, yang kemudian dicoating, treatment atau laminasi untuk mendapatkan produk dengan berbagai sidat fisik, kimia, mekanis maupun elektrikal. Sifat tertentu dari film seperti keuletannya dapat diperoleh memakai orientasi dan stretching. Film banyak digunakan, karena sifat barrier dan daya tahan terhadap bahan kimia. Moisture atau transimisi gas permeability adalah sifat yang utama yang menjadi pertimbangan dalam aplikasi packaging. Dalam aplikasi tertentu daya tahan minyak dan gemuk juga diperlukan beberapa produk terutama food, membutuhkan pengendalian transimisi dari gas oksigen dan karbondioksida. Produk seperti kopi, the, potato chip mempersyaratkan gas barrier yang baik, sedang tomato segar, kubis dan lain-lain produk yang memerlukan kegiatan pernapasan, mensyaratkan film yang permeable yang bisa melepas gas karbondioksida ketika terjadi proses pernafasan. Daya tahan terhadap perembesan uap air dan permeable gas dari suatu film dapat dikurangi dengan meningkatkan ketebalan film tersebut, atau dengan cara coating dengan bahan lain, atau dilaminasi dengan film lain atau foil. Sifat fisik dan kimiawi yang penting dan diperhitungkan dalam menseleksi sesuatu produk ialah berat jenis, tensile strength, burst strength, impact strength dan stiffness. Disamping sifat diatas, yang perlu diperhatikan juga adalah dimensional stability, resisten terhadap sinar UV, heat seal range flameability, machine ability, gloss dan transparansi. Dan printability adalah penting dalam aplikasi packaging. Selopan dalam bentuk nitro cellulose atau polymer coated dan coated lainnya agak mudah dicetak. Sedang yang lain memerlukan perlakuan khusus dalam proses printing. Polyolefin agar mudah dicetak setelah diadakan proses corona treatment, nylon, dan polyester bisa dicetak dengan mudah tetapi memerlukan tinta khusus. Film yang digunakan dalam packaging
 
disebut juga polymer, yang memiliki molekul yang panjang yang terkadang merupakan gabungan dari monometer antar 1.000 sampai dengan 2.000 unit. Proses polymerisasi bisa terjadi diatas seperti proses pada pembuatan selopan. Sedang untuk film plastik disebut juga polymer sintesa. Dalam proses ini molekul kecil, yang disebut monometer bergabung bersama menjadi rantai panjang yang kemudian disebut polymerisasi. Proses pembuatan film dari resin melalui beberapa tahap, ada yang sederhana ada yang agak kompleks. Langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :
Polymer feeding – melting – mixing – metering – filtration.
 Proses pengerjaan berbeda-beda tergantung karakteristik dari tiap resin yang dipakai. Produksi dari plastik film lebarnya biasanya adalah uniform, sifat fisik yang stabil, bebas dari gelembung dan warna yang tidak diinginkan. Proses bisa dilaksanakan dalam alat yang sederhana ataupun alat yang canggih. Beberapa contoh dalam pembuat film plastik dapat diuraikan sebagai berikut :
Calendaring
Proses ini banyak dipakai pada pembuatan PVC dan polyurethane film. Merupakan suatu proses yang continuous extrusion operation dilaksanakan melalui sepasang roll yang cylindris.
Blown-Bubble Extrusion Process
Merupakan suatu extrusion proses yang banyak digunakan pada pembuatan polyethylene dan polypropylene film. Film diextrude keatas melalui suatu tube, yang didinginkan oleh udara yang ditiupkan, tubulais film digulung dalam roll dislit dan dipisahkan.
Flat Film Extrusion Process
Polymer diextruder melalui suatu flat die, kesuatu chill roll yang kemudian secara cepat mendingin. Process ini disebut extrusion casting, dan film yang dihasilkan disebut cast film. Kekurangan film yang melalui proses ini hanya ditarik pada suatu arah, dan machine ability kurang baik terutama pada transverse direction.
Film Orientation
Film tertentu bisa diperbaiki sifatnya dengan cara orientasi pada temperature yang dikontrol. Hasilnya adalah film yang kualitasnya lebih baik.
  •  We're Hiring!
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar